Clock

Selasa, 29 Januari 2013

Worksheet MS Excel


Worksheet yang ada dalam workbook dapat kita atur sedemikian rupa sehingga lebih mudah dalam pengelolaan datanya lebih tertata dan mudah difahami. Jumlah worksheet yang lebih dari satu dalam workbook ini sangat mendukung untuk pengelolaan data tersebut, misalnya buntuk pembuatan laporan tahunan.
Menghapus Worksheet
Worksheet yang sudah tidak terpakai lagi dapat dihapauss dengan cara:
Mouse

  • Klik kanan Sheet yang akan diganti, kemudian pilih Delete

  • Setelah miuncul kotak konfirmadsi penghapusan , pilih yes
  • Keyboard

    • Aktifkan sheet yang akan dihapus

    • Pilih menu Edit, kemudian pilih Delete Sheet

    • Setelah muncul kotak konfirmasi penghapusan , pilih, yes
    • Pastikan bahwa worksheet yang kita hapus tersebut benar- benar sudah tidak terpakai lagi, karena perintah penghapusan worksheet ini tidak dapat di Undo sehingga data yang terdapat dalam worksheet tersebut benar- benar hilang.
      Mengubah Nama Worksheet
      Seringkali kita ingin mengganti nama sebuah sheet dalam workbook dengan nama lain yang kita kehendaki sehingga menjadi lebih komunikatif dan mufah dipahami. Penggantian nama sheet tersebut dapat dilakukan dengan cara:
      Mouse

      • Klik kanan Tab Shet ( nama sheet ) yang akan dihapus, kemudian pilih Rename

      • Tuliskan nama yang baru
      • Kieyboard

        • Aktifkan sheet yang akan diganti

        • Pilih menu Format, kemudian pilih Sheet – Rename

        • Tuliskan nama yang baru , kemudian enter
        • Menyisipkan Worksheet
          Jika jumlah worksheet yang ada dalam workbook masih kurang, dapat kita tambahkan dengan menyisipkan worksheet yang baru. Penyisipan worksheet tersebut dapat dilakukan dengan cara:
          Mouse

          • Kilik kanan Tab Sheet ( Nama Sheet) yang akan disisipi

          • Double kilik pada pilihan / icon Worksheet
          • Keyboard

            • Aktifkan Sheet yang akan disisipi

            • Pilih menu Insert, kemudian pilih worksheet
            • Memasukan Data Ke Dalam Beberapa Worksheet Sekaligus
              jika kita mempunyai data yang sama untuk dimasukan ke dalam beberapa sheet, maka lita tidak perlu mengisikan data tersebut berulang – ulang. Dengan menggunakan fasilitas Group, kita dapat memasukan data yang sama ke beberapa worksheet pada lokasi yang sama sekaligus. Langkah yang harus kita lakukan adalah:
              Mouse

              • Groupkan worksheet yang akan diisi data dengan cara , klik worksheet pertama, tekan tombol Shift, klik worksheet yang terakhir

              • Inputkan datanya

              • Un-groupkan worksheet tersebut dengan meng-klik pada salah atau tab sheet
              • Demikian tadi sekilas mengenai Worksheet MS Excel

                0 komentar:

                Posting Komentar